Laman


Other Posts >>

Senin, 14 November 2011

Brojodento mbalelo


Itu adalah judul dalam wayang kulit yang baru-baru ini di gelar di lapangan manunggal Gombong, di bawakan oleh ki dalang Anom Suroto dan anaknya Bayu Aji.Acara ini dalam rangka tanggap warso bp. Suweni...ayahanda dari Prof. Marwoto. Rektor Universitas Indra prasta Jakarta. Bp. Suweni domisili di banyumudal buayan.
Brojodento mbalelo mengisahkan tentang keluarga dewi Arimbi isteri Bima yang semuanya raksasa. Namun meskipun jasadnya raksasa tetapi hatinya baik dan berjiwa kesatria.Mereka adalah pewaris tahta kerajaan Pringgondani. Karena tahta dalam keadaan kosong, mereka bersidang di bawah pimpinan dewi Arimbi untuk mengangkat seorang raja.singkat kata mereka akhirnya memilih Gatot Kaca putra Bima untuk memegang tampuk pimpinan di Pringgodani dan Brojodento di tunjuk sebagai patih mendampingi Gatot.
Hari wisuda pengangkatan raja pun di siapkan. Namun sebelum hari H datang. Keluarga Pringgodani kedatangan tamu dari Astinapura. Dia patih astinapura yang cukup kesohor yang bernama Sengkuni.Sengkuni adalah sosok yang sangat julig.Meskipun dia petinggi negara tetapi sifat-sifat buruk sangat mendominasi dirinya. Di awali dari sifat Iri, dengki, hasut dan juga hassad atau fitnah sekalipun sangat akrab dengan mulutnya.lidahnya bagai tak bertulang.Kedatangan sengkuni di pringgodani yang di temui Brojodento calon patih Gatot kaca, benar-benar mengacaukan semua rencana di kerajaan Pringgodani.Karena hasut,hasad dan fitnahnya sengkuni berhasil membalik hati dan penglihatan Brojodento yang sakti mandraguna itu.Kepiawaian lobi sengkuni memang sudah di akui banyak pihak .Tentu saja adegan selanjutnya adalah pertikaian antara kurawa yang di motori oleh sengkuni dan pandawa yang di panglimani oleh Ontoseno. Perang rame terjadi.. tentu saja pandawa yang lebih banyak Puasa sunah dan Qiyamul lail di pastikan menang.Barisan raksasa yang hanya mengutamakan perut dan bawah perut....pating glangsar. Sinden cantik yang menemani ki Anom Suroto pada waktu itu adalah Sopiah . Pesinden kondang dari pring tutul yang juga prigel main calung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar